Bebas
Menetapkan Pilihan Hidup
Asy-Syaikh
Laffaf Khon berkata:
“Setiap
orang bebas menetapkan pilihan dalam hidup ini. Termasuk mau kafir atau mukmin,
bahkan mau munafik sekalipun. Biarlah Alloh yang menguji setiap orang dari
pelataran dunia ini. Itulah Alloh secara khusus memanggil para manusia yang
takut kepadaNYA supaya mengerjakan puasa di bulan Romadlon. Jadi, mau dihormati
atau tidak dalam praktik puasa Romadlonnya. Tidak penting. Karena puasa
Romadlon itu semata untuk Alloh. Jangan hiraukan selain Alloh apabila
menghendaki ketulusan murni kepadaNYA. Biarkan sebagian besar orang penghuni
republik ini latah. Namun, sebagai mukmin muslim sejati jangan latah dan jangan
membeo dalam beragama. Lakukan revolusi iqro' revolusi ruhani dan revolusi
budaya. Sehingga agama menjadi media penyadaran orang yang yakin kepadaNYA.
Untuk tetap lagi senantiasa secara berkelanjutan menyembah kepadaNYA tanpa
menyekutukan DIA dengan selainNYA.”
قال
الشيخ لفاف خن:
"كُلُّ
الْمَرْءِ يَحُرُّ أَنْ يَثْبَتَ إِخْتِيَارًا فِي الْحَيَاةِ. مِنْهُ
أَيُرِيْدُوْنَ كَافِرًا أَوْ مُؤْمِنًا أَوْ مُنَافِقًا. وَاللهُ يَبْتَلِيْهِمْ
فِي الدُّنْيَا. وَذَالِكَ يَدْعُوَ الْإِنْسَانَ الْمُتَّقِى إِلَيْهِ
بِالْخُصُوْصِ لِيَصُوْمُوْا فِي شَهْرِ رَمَضَانَ. أَيُرِيْدُوْنَ أَنْ
يُحْتَرَمَ أَمْ لَا فِي عَمَلِ صِيَامِهِمْ, فَلَا مُهِمٌّ. لِأَنَّ صَوْمَ
رَمَضَانَ لِلَّهِ فَقَدْ. وَلَا يُبَالِى سِوَاهُ إِنْ أَرَادَ مُخْلِصًا لَهُ.
أُتْرُكْ عَنْ أَكْثَرِ الْقَوْمِ فِي هَذَا الْبَلَدِ مَرِيْضِ الْعَصَبِيَّةِ.
لَكِنَّكَ الْمُؤْمِنَ وَالْمُسْلِمَ الْحَقَّ لَا تَكُنْ مَرِيْضَ الْعَصَبِيَّةِ
وَلَا تَقُلْ شَيْئًا يَقُوْلُهُ الْأَخَرُ عَنِ الدِّيْنِ. وَافْعَلْ ثَوْرَةَ
الْقِرَاءَةِ وَالرُّحَانِيَّةِ وَالثَّقَافَةِ. حَتَّى يَصِيْرَ الدِّيْنُ
وَصِيْلَةَ التَّوَكُّلِ لِمَنْ يُؤْمِنُ بِاللهِ لِيُثْبِتَ وَيَسْتَقِيْمَ أَنْ
يَعْبُدَ اللهَ وَلَا يُشْرِكُهُ بِسِوَاهُ."
Haibah
Ulama’
Asy-Syaikh
Laffaf Khon berkata:
“Haibah
ulama terletak pada tanggung jawab yang dipikulnya. Dalam memberikan
keteladanan demi terjadinya perubahan demi perubahan. Sehingga orang-orang atau
umat kembali ke jalan Alloh. Jalan lurus yang menyelamatkan setiap orang yang
melaluinya guna menuju kepada Alloh. Karenanya, Rosululloh saw menyebut, "al-'Ulama'u
warotsatul anbiya.”
قال
الشيخ لفاف خن:
"هَيْبَةُ
الْعُلَمَاءِ فِي الْمَسْؤُوْلِ الْمَحْمُوْلِ عَلَى أُسْوَةٍ لِيَكُوْنَ
تَغْيِيْرٌ بَعْدَ تَغْيِيْرٍ. حَتَّى تَرْجِعَ الْأُمَّةُ إِلَى سَبِيْلِ اللهِ.
وَهُوَ سَبِيْلُ الْمُسْتَقِيْمِ يُسْلِمُ كُلَّ مَنْ يَمْشِي فِيْهِ لِيَقْصُدَ
إِلَى اللهِ. وَلِذَالِكَ يَقُوْلُ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم:
الْعُلَمَاءُ وَرَاثَةُ الْأَنْبِيَاءِ."
Politik
dan Politisasi Pendidikan
Asy-Syaikh Laffaf
Khon berkata:
“Apabila
niatnya tulus supaya orang lain berilmu. Pasti diberikan banyak kemudahan. Jika
mau menuntut ilmu kok sulit. Pasti ada politik pendidikan dan politisasi
pendidikan dari pihak-pihak tertentu. Yang hendak menghambat supaya bangsa
Indonesia tetap bodoh, meskipun banyak orang Indonesia yang bergelar sarjana.
Banyak negara-negara "maju" yang tidak rela jikalau rakyat Indonesia
"melek" ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu cara
"mereka" membuat orang-orang Indonesia bodoh justru melalui agama
yang diyakininya.”
قال
الشيخ لفاف خن:
"إِذَا
خَلَصَتِ النِّيَّةُ لِيَكُوْنَ الْأَخَرُ عَالِمًا فَيُرْزَقُ كَثِيْرَ
الْيُسْرِ. إِذَا أَرَادَ طَلَابَ الْعِلْمِ وَهُوَ عُسْرٌ فَكَانَتْ فِيْهِ
سِيَاسَةُ التَّرْبِيَةِ مِنَ الْأَخَرِ الَّذِي يُمْسِكُ لِتَكُوْنَ
إِنْذُوْنِيْسِيُّ مُثْبِتًا فِي الْجَهْلِ وَلَوْ كَثُرَ حَبْرٌ فِيْهِ
وَكَثِيْرٌ مِنَ الْبُلْدَانِ الْمُتَقَدِّمِ الَّذِي لَا تَرْضَى أَنْ تَعْرِفَ
رَعِيَّةُ الإِنْذُوْنِيْسِيّ عَلَى الْعِلْمِ وَتِكْنُوْلُوْجِيَا. مِنْ أَحَدِ
كَيْفِيَّتِهَا أَنْ تَجْعَلَهَا جُهَّالًا بِالدِّيْنِ يُوْقَنُ."
Ciri
Ulama’
Asy-Syaikh
Laffaf Khon berkata:
“Tidak bakal enak hidupnya apabila memfitnah ulama'.
Ciri ulama' di era sekarang sederhana. Tidak meminta kepada makhluk. Atau,
berharap kepada makhluk. Selalu memikirkan kebaikan orang lain. Atau,
memikirkan kebagusan tata fungsi pelestarian lingkungan alam. Jauh dari wilayah
keserakahan. Menghindar dari setiap jebakan hubud dunya. Mendiamkan fitnah yang
menimpa dirinya. Kuat dalam mengamalkan ilmunya. Bersifat asih terhadap sesama.
Tidak paham ulama' kecuali sesama ulama'. Jangan mudah menyebut seseorang
dengan kedudukan atau posisinya sebagai ulama'. Sebab, salah menyebut dapat
melahirkan banyak fitnah di tengah kehidupan umat manusia.”
قال
الشيخ لفاف خن:
"لَنْ
يَشْعُرَ لَذَّةَ الْحَيَاةِ إِنْ فَتَنَ الْعُلَمَاءَ. عَلَامَةُ الْعُلَمَاءِ
الْأنَ بَسِيْطٌ أَنْ لَا تَسْأَلَ الْخَلْقَ وَلَا تَرْجُوْ إِلَيْهِ. وَتَفْكُرُ
حُسْنَ الْأخَرِ عَلَى الدَّوَامِ, أَوْ حُسْنَ نَظَمِ النَّفْعِ فِيْ بَقَاءِ
الْبِيْعَةِ, وَبَعِيْدٌ عَنِ الطَّمَاعِ, وَتُبَعِّدُ عَنْ حُبِّ الدُّنْيَا,
وَتَسْكُتُ عَنِ الْفِتْنَةِ تُصِيْبُ إلَيْهَا, وَتَقْوَى فِي عَمَلِ عِلْمِهَا,
وَتُرْحِمُ إِلَى الْأخَرِ. لَا تَعْرِفُ الْعُلَمَاءَ إِلَّا الْعُلَمَاءُ. لَا
تُسْهِلْ أَنْ تَسْمِيَ الْمَرْأَ بِمَحَلِّ الْعُلَمَاءِ. لِأَنَّهُ أَنْ
تَخْطَأَ فِي تَسْمِيَةٍ تَلِدُ مِنْهَا الْفِتَانُ فِي حَيَاةِ النَّاسِ."
Karena
Tidak Sabar
Asy-Syaikh
Laffaf Khon berkata:
“Mengapa Musa berpisah dari Hidzir? Karena musa tidak
sabar.”
قال
الشيخ لفاف خن:
"لِمَاذَا
فَرَقَ مُوْسَى عَنْ حِذيْرٍ؟ لِأَنَّهُ لَمْ يَصْبِرْ."
Lenyapnya
Hikmah
Asy-Syaikh
Laffaf Khon berkata:
“Musa adalah tipologi murid yang banyak bertanya.
Akibatnya, ia tidak tahan dengan gurunya. Maka, terjadilah perpisahan itu. Yang
berarti lenyapnya ilmu hikmah pada Musa dan umat Rosululloh saw. Kecuali yang
bertekad untuk memilikinya.”
قال
الشيخ لفاف خن:
"مُوْسَى
مِنْ جِنْسِ التِّلْمِيْذِ الَّذِي كَثُرَ سَئْلُهُ. وَعَاقِبَتُهُ لَمْ يَمْسِكْ
بِمُرْشِدِهِ. فَكَانَ فَرْقُهُمَا. وَذَالِكَ ذَهَبُ الْهِكْمَةِ عَنْهُ
وَأُمَّةِ رَسُوْلِ اللهِ صلى الله عليه وسلم. إِلَّا مَنْ يَجْتَهِدُ
لِمَلَكِهِ."
Penyesalan
yang Tak Bertepi
Asy-Syaikh
Laffaf Khon berkata:
“Semangat yang menggebu tanpa dibarengi nalar pikir
dan tindak laku positif. Hanya membuahkan rasa kecewa dan penyesalan yang tidak
bertepi.”
قال
الشيخ لفاف خن:
"الْحَمَاسُ
الْغُلُوُّ بِلَا فِكْرٍ وَعَمَلٍ حَسَنٍ, يُثْمِرُ الْخَيْبَ وَالنَّدَامَ لَا
يَزَالَا."
Memerjuangkan
Azzam
Asy-Syaikh
Laffaf Khon berkata:
“Memerjuangkan azzam di kehidupan sehari-hari tidak
semudah membalik telapak tangan. Sebab, setiap perubahan senantiasa disertai
ujian demi ujian yang menantang. Apakah ia mampu melampaui atau gagal di tengah
jalan.”
قال
الشيخ لفاف خن:
"تَجْهِيْدُ
الْعَزَمِ فِي حَيَاةِ الْأَيَّامِ لَا سَهْلٌ كَسَهْلِ تَقْلِيْبِ الْكَفِّ.
لِأَنَّ كُلَّ تَغْيِيْرٍ مَعَ الْبَلَاءِ يَتَقَدَّمُ. أَيَسْتَطِيْعُ بِهِ أَوْ
فَشَلَ."
Uzlah
Asy-Syaikh
Laffaf Khon berkata:
“Uzlah adalah
memindahkan materi ke imateri. Dari fisik ke jiwa. Dari budaya ke akal budi.
Dari ramai ke sepi. Dari semrawut ke sunyi. Dari cinta ke kasih-sayang. Dari
pasar ke masjid. Dari berbicara ke diam. Dari melek mata ke memejamkan mata.
Dari banyak pikir ke mengosongkan hati. Dari dunia ke akhirot. Dari benci ke
suka. Dari sempit ke jembar. Dari ingkar ke patuh. Semua itu melatih setiap
diri supaya terbiasa bertanggung-jawab secara pribadi. Manusia ditakdirkan
untuk menjadi dirinya sendiri. Pendidikan tidak boleh mengubah fitroh manusia
sebagai hamba Alloh. Hanya setan-iblis yang terus-menerus berusaha mengubah
manusia menjadi makhluk pengingkar, agar mengikuti jejaknya.”
قال
الشيخ لفاف خن:
"الْعُزْلَةُ
تَنْقِيْلُ الْمَادَّةِ إِلَى غَيْرِهِ مِنَ الْجِسْمِ إِلَى الرُّوْحِ وَمِنَ
الثَّقَافَةِ إِلَى الْعَقْلِ وَمِنَ الْإِحْتِفَالِ إِلَى الْخَلَاءِ وَمِنْ
غَيْرِ تَرْتِيْبٍ إِلَى السَّاكِنِ وَمِنَ الْحُبِّ إِلَى الرَّحْمَةِ وَمِنَ
السُّوْقِ إِلَى الْمَسْجِدِ وَمِنَ الْكَلَامِ إِلَى السُّكُوْتِ وَمِنْ فَتْحِ
الْعَيْنِ إِلَى غَمْضِهِ وَمِنْ كَثِيْرِ الْفِكْرِ إِلَى فَرَاغِ الْقَلْبِ
وَمِنَ الدُّنْيَا إلَى الْأخِرَةِ وَمِنَ الْبُغْضِ إِلَى الوَدِّ وَمِنَ
الضَّنْكِ إِلَى الْوَاسِعِ وَمِنَ الْإِنْكَارِ إِلَى الطَّاعَةِ. كُلُّ ذَالِكَ
يُدَرِّبُ كُلَّ النَّفْسِ لِيَكُوْنَ الْمَسْئُوْلَ لِنَفْسِهِ. قُدِرَ النَّاسُ
لِيَكُوْنَ نَفْسَهُ. وَالتَّرْبِيَةُ لَمْ تُبَحْ أَنْ تُغَيِّرَ فِطْرَةَ
النَّاسِ بِعَبْدِ اللهِ. وَالشَّيْطَانُ وَالْإِبْلِيْسُ إِيَّاهُمَا
يَسْتَعِيْدَانِ أَنْ يُغَيِّرَانِ النَّاسَ لِيَكُوْنَ الْمُنْكِرَ
وَيَتَّبِعَهُمَا."
Kun
Ma’alloh
Asy-Syaikh
Laffaf Khon berkata:
“Setelah
bertafakkur dalam tadzakkur. Ternyata diriku hanyalah makhluk yang dikaruniai
bebas memilih di dalam ruang dan waktu. Isun tetapkan diri ini sebagai
abdulloh. Yang harus terus-menerus merawat hati supaya selalu "kun
ma'alloh". La ilaha illa-llohu Muhammadur rosululloh. Allohu ma'i. Allohu
hadliri. Allohu qoribun minni .”
قال
الشيخ لفاف خن:
"بَعْدَ
التَّفَكُّرِ فِي التَّذْكِيْرِ, إِنِّي عَبْدٌ يُرْزَقُ حُرَّ التَّخْيِيْرِ فِي الدُّنْيَا.
وَإِنِّى أُثَبِّتُ نَفْسِي بِعَبْدِ اللهِ الَّذِي يَحْتَاجُ أَنْ يَحْفَظَ الْقَلْبَ
لِيَكُوْنَ مَعَ اللهِ. لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللهِ. اللهُ
مَعِي اللهُ حَاضِرِي اللهُ قَرِيْبٌ مِنِّي."
Sedih
Asy-Syaikh
Laffaf Khon berkata:
“Sedih
memikirkan dunia salah satu tanda kelainan jiwa. Sedih memikirkan akhirot salah
satu tanda pencerahan jiwa.”
قال
الشيخ لفاف خن:
"الْحَزَنُ
لِفِكْرِ الدُّنْيَا عَلَامَةُ تَغَايُرُ النَّفْسِ. وَالْحَزَنُ لِفِكْرِ
الْأَخِرَةِ عَلَامَةُ تَنْوِيْرِ النَّفْسِ."
Niat
dalam BelAJAR
Asy-Syaikh
Laffaf Khon berkata:
“Menderita
hari ini untuk belAJAR lebih utama. Demi pencapaian posisi ruhani supaya selalu
dapat menjadi hamba Alloh yang mulia. BelAJAR apabila ditujukan untuk
memperoleh kenikmatan duniawi, sungguh sebuah kerugian yang menghinakan diri.
Namun, siapa yang belAJAR semata untuk meningkatkan kualitas rasa takut kepada
Alloh, niscaya dikaruniai kedudukan mulia yang dapat dinikmati di dunia dan di
akhirot kelak.”
قال
الشيخ لفاف خن:
"الْهَزِيْمَةُ
هَذَا الْيَوْمَ لِلتَّعْلِيْمِ أَفْضَلٌ لِيَنَالَ مَقَامَ الرُّحَانِيَّةِ
وَلِيَكُوْنَ عَبْدَ اللهِ الْكَرِيْمِ. وَإِذَا قُصِدَ التَّعْلِيْمُ إِلَى
مَوْجُوْدِ النِّعْمَةِ الدُّنْيَاوِيَّةِ قَدْ خَسَرَ وَذَلَّ النَّفْسَ. وَمَنْ
قَصَدَ تَعْلِيْمَهُ لِيَزْدَادَ تَقْوَاهُ إِلَى اللهِ فَيُرْزَقُ مَقَامَ
الشَّرِيْفِ الَّذِي يَشْعُرُ بِهِ فِي الدُّنْيَا وَالْأَخِرَةِ."
0 komentar:
Posting Komentar