Nafsu
Manusia
Asy-Syaikh Laffaf Khon
berkata:
“Alloh menakdirkan untuk
manusia nafsul muthma'innah, nafsul lawwamah, dan nafsul amaroh. Untuk nafsu
yang kedua manusia melalui daya maunya dapat menyerasikan melalui
latihan-latihan (suluk), semata hanya dilandasi cinta yang bergelora.”
قال الشيخ لفاف خن:
"اللهُ يُقَدِّرُ
لِلنَّاسِ نَفْسَ الْمُطْمَئِنَّةِ وَنَفْسَ اللَّوَّامَةِ وَنَفْسَ الْأَمَارَةِ.
لِلنَّفْسِ الثَّانِيَةِ النَّاسُ بِنَشَاطِ إِرَادَتِهِ يَسْتَطِيْعُ أَنْ
يُوَافِقَ بِالتَّمْرِيْنِ (السُّلُكِ), يُتَأَسَّسُ بِالْحُبِّ الشَّدِيْدِ
إِيَّاهُ."
Melalui
Rosul dan Ilmu
Asy-Syaikh Laffaf Khon
berkata:
“Melalui Rosululloh saw.
Alloh mengajarkan keserasian hidup untuk manusia yang sudah dikaruniai akal dan
jiwa. Melalui ilmu yang dipelajari manusia harus mau lagi mampu mengendalikan
jiwanya supaya berkecenderungan kepada makrifatulloh dengan jalan mahabbatulloh.”
قال الشيخ لفاف خن:
"بِرَسُوْلِ اللهِ
صلى الله عليه وسلم اللهُ يُعَلِّمُ مُوَافِقَ الْحَيَاةِ لِلنَّاسِ الَّذِي
رُزِقَ الْعَقْلَ وَالنَّفْسَ. وَبِالْعِلْمِ الَّذِي يَتَعَلَّمُ بِهِ النَّاسُ
يَجِبُ لَهُ أَنْ يُرِيْدَ وَ يَسْتَطِيْعَ مَاسِكَ نَفْسِهِ لِيَمِيْلَ إِلَى
مَعْرِفَةِ اللهِ وَمَحَبَّةِ اللهِ."
Energi
Syahadatain
Asy-Syaikh Laffaf Khon
berkata:
“Manusia yang berazzam hidup
bahagia mulia ridlo mengikat keserasian di dalam dirinya melalui syahadatain.
Karena yakin Alloh sebagai wali dan syahid yang menggerakkan energi ekolistik
hingga yakin terhadap keserba-baikan Alloh.”
قال الشيخ لفاف خن:
"النَّاسُ
يُعَزِّمُ الْحَيَاةَ السَّعِيْدَةَ الْكَرِيْمَ الرِّضَى يُحْزِمُ مُوَافِقًا فِي
نَفْسِهِ بِالشَّهَادَتَيْنِ. لِأَنَّهُ يُؤْمِنُ اللهَ وَالِيْهِ وَشَاهِدِهِ
الَّذِي يَتَحَرَّكُ نَشَاطَ "إيْكُوْلِيْسْتِيْكِ" حَتَّى يُؤْمِنُ
بِجَمِيْعِ نَوَاحِ خَيْرِ اللهِ."
Mahabbatulloh
dan Makrifatulloh
Asy-Syaikh Laffaf Khon
berkata:
“Sama pentingnya antara
mahabbatulloh dan makrifatulloh. Di antara keduanya melahirkan buahnya
masing-masing. Semata tujuannya untuk menjadi hamba Alloh (abdulloh) yang
sejati. Supaya kelak dapat menatap wajah Alloh yang Mahamulia.”
قال الشيخ لفاف خن:
"سَوَاءُ
الْأَفْضَلِ بَيْنَ مَحَبَّةِ اللهِ وَمَعْرِفَةِ اللهِ. وَبَيْنَهُمَا يَلِدَانِ
ثَمَرَهُمَا. وَمَقْصُوْدُهُمَا لِيَصِيْرَ عَبْدَ اللهِ الْحَقِيْقِ فَقَطْ.
لِيَنْظُرَ وَجْهَ اللهِ الْكَرِيْمِ."
Kembali
Kepada Yang Satu
Asy-Syaikh Laffaf Khon
berkata:
“Berasal dari yang satu namun
kemudian berubah menjadi beragam. Semua terjadi karena setiap jiwa dikaruniai
kecenderungan bergerak untuk berubah. Namun, akan kembali bersatu apabila
kembali kepada kecenderungan yang satu, yakni mahabbatulloh untuk makrifatulloh.”
قال الشيخ لفاف خن:
"مِنْ أَصْلِ
الْوَاحِدِ وَلَكِنْ يَتَغَيَّرَ مُتَنَوِّعًا. وَالْجَمِيْعُ كَانَ لِأَنَّ فِي
كُلِّ النَّفْسِ يُؤْزَقُ مَيْلَ التَّحَرُّكِ لِمُتَغَيِّرٍ. وَلَكِنْ يَرْجِعَ
وَيَتَّحِدَ إِذَا رَجَعَ إِلَى الْمَيْلِ الْوَاحِدِ وَهُوَ مَحَبَّةُ اللهِ
لِمَعْرِفَتِهِ."
Keserasian
Asy-Syaikh Laffaf Khon
berkata:
“Kebersatuan merupakan wujud
keserasian, meluluh antara yang satu dengan lainnya. Lalu saling mendekati
sehingga mengira sama atau mirip. Tidak ada kemiripan antara satu sama lainnya.
Melalui keserasian lalu muncul cinta sebab merasa cocok terhadap yang lain.
Jiwa para mahbub menerima apa adanya tanpa bersyarat. Sehingga lahir makrifatulloh
karena sangat mahabbatulloh.”
قال الشيخ لفاف خن:
"الْوَحْدَةُ مَوْجُوْدُ
الْمُوَافِقِ, وَيُذِيْبُ بَيْنَ وَاحِدٍ وَالْأَخَرِ. ثُمَّ يَتَقَرَّبُ حَتَّى
يَظُنُّهُمَا سَوَاءٌ أَوِ الْمُشَابَهِ. لَا شَهَابَ بَيْنَ وَاحِدٍ وَالْأَخَرِ.
وِبِالْمُوَافِقِ ثُمَّ يَنْجُمُ الْحُبُّ لِأَنَّهُمَا يَشْعُرَانِ الْمُوَافِقَ
مَعَ الْأَخَرِ. وَنَفْسُ الْمَحْبُوْبِ يَقْبَلُهُ بِلَا شَرْطٍ. حَتَّى تَلِدَ
مَعْرِفَةَ اللهِ لِأَنَّهُ مَحَبَّةُ اللهِ."
Dasari
Kasih-Sayang dan Cinta
Asy-Syaikh Laffaf Khon
berkata:
“Sebab reaksi ada aksi.
Karena stimuli ada respon. Lebih kuat hubungan itu apabila didasari
kasih-sayang dan cinta. Antara yang satu terhadap yang lain sungguh seolah
merasakan. Semua terjadi karena telah ada keserasian. Sebuah keserasian yang
sudah ditetapkan oleh Alloh sumber keserasian itu sendiri.”
قال الشيخ لفاف خن:
"بِسَبَبِ التَّفَاعُلِ
كَانَ الْفِعْلُ. وَبِالْإِثَارَةِ كَانَتِ الْإِسْتِجَابَةُ. وَقَوِيُّ
الْإِرْتِبَاطِ إِذَا تُؤُسِّسَ الرَّحْمَةَ وَالْمَحَبَّةَ. بَيْنَ الْوَاحِدِ
وَالْأَخَرِ كَأَنَّهُمَا يَشْعُرَانِ. وَالْجَمِيْعُ كَانَ لِكَوْنِ
الْمُوَافِقِ. وَهُوَ قَدْ قُدِرَ لِلَّهِ وَهُوَ مَنْبَعُ ذَالِكَ
الْمُوَافِقِ."
Kita.
Bukan “Aku” Atau “Kamu”
Asy-Syaikh Laffaf Khon
berkata:
“ Siapa yang jiwanya serasi
di kehidupan ini selalu mendahulukan pihak lain. Untuknya pihak lain merupakan
bagian dari dirinya. Ia tidak lagi mengatakan, "aku" atau
"kamu". Namun, sudah melebur menjadi "kita". Selalu
mengatakan, "Kita". Demikian Islam mengajarkan rohmatal lil alamin.”
قال الشيخ لفاف خن:
"مَنْ نَفْسُهُ مُوَافِقٌ فِي
الْحَيَاةِ فَيُقَدِّمُ الْأَخَرَ. لَهُ الْأَخَرُ مِنْهُ. وَهُوَ لَمْ يَقُلْ
"أَنَا" أَوْ "أَنْتَ". وَلَكِنْ قَدْ ذَابَا
"نَحْنُ". وَيَقُوْلُهُ دَوَامًا. وَذَالِكَ يُعَلِّمُ الْإِسْلَامُ
رَحْمَةً لِلْعَالَمِيْنَ."
Miliki
Ilmu
Asy-Syaikh Laffaf Khon
berkata:
“Siapa tidak memiliki ilmu hidup terasa berat. Bahkan,
banyak orang yang hidup mengalami kesulitan. Maka, wajib menuntut ilmu yang
menjadikan seseorang tafaqquh fid din. Kepemilikan ilmu tidak terkait dengan
gelar, sebutan, status sosial, dan nasab. Namun, kepemilikan ilmu
terejawantahkan ke dalam akhlak dan adab Islam di kehidupan sehari-hari.”
قال الشيخ لفاف خن:
"مَنْ
لَمْ يَمْلِكِ الْعِلْمَ فَيَشْعُرُ حَيَاتَهُ ثِقَلًا. بَلْ أَكْثَرُ الْمَرْءِ
يَعِيْشُ بِالصَّعْبِ. فَيَجِبُ لَهُ أَنْ يَطْلُبَ الْعِلْمَ الَّذِي يَجْعَلُهُ
تَفَقُّهًا فِي الدِّيْنِ. مَالِكُ الْعِلْمِ لَا يُحْزَمُ بِاللَّقَبِ
وَالذِّكْرِ وَوَضْعِ الْإِجْتِمَاعِيِّ وَالنَّسَبِ. وَلَكِنَّهُ مَوْجُوْدٌ فِي
الْأَخْلَاقِ وَأَدَبِ الْإِسْلَامِ فِي حَيَاةِ الْيَوْمِيَّةِ."
Mengallahkan
Diri
Asy-Syaikh Laffaf Khon
berkata:
“Siapa yang tidak mampu mengallahkan dirinya mustahil
dapat mengallahkan yang berada di luar dirinya.”
قال الشيخ لفاف خن:
"مَنْ
لَمْ يَسْتَطِعْ أَنْ يَسْتَسْلِمَ نَفْسَهُ فَلَمْ يُمْكِنْ أَنْ يَسْتَسْلِمَ
مَا فِي خَارِجِهِ."
Mengenali
Untuk Dikenali
Asy-Syaikh Laffaf Khon
berkata:
“Siapa tidak berusaha mengenal niscaya tidak dikenal.”
قال الشيخ لفاف خن:
"مَنْ لَمْ يَسْعَ
أَنْ يُعْرِفَ فَلَا يُعْرَفُ."
0 komentar:
Posting Komentar