Selasa, 26 April 2016

al Hikamul Luthfiah 28



Yang Dicintai Alloh
Asy-Syaikh Laffaf Khon berkata:
Siapa mencintai Alloh. Pasti dicintai oleh Alloh. Hamba yang dicintai Alloh. Niscaya ia disayangi makhluk Alloh. Siapa disayang pasti diberi. Namun, orang yang diberi tidak selalu disayang oleh yang memberi.”
ู‚ุงู„ ุงู„ุดูŠุฎ ู„ูุงู ุฎู†:
"ู…َู†ْ ูŠُุญِุจُّ ุงู„ู„ู‡َ ูَูŠُุญَุจُّ ู„ِู„َّู‡ِ. ูˆَุงู„ْุนَุจْุฏُ ูŠُุญِุจُّู‡ُ ุงู„ู„ู‡ُ ูَูŠُุฑْุญَู…ُ ู„ِู…َุฎْู„ُูˆْู‚ِู‡ِ. ูˆَู…َู†ْ ูŠُุฑْุญَู…ُ ูَูŠُุนْุทَู‰. ุจَู„ِ ุงู„ْู…َุฑْุกِ ูŠُุนْุทَู‰ ู„َู…ْ ูŠُุฑْุญَู…ْ."
Menyintai Waliyulloh
Asy-Syaikh Laffaf Khon berkata:
Siapa menyayangi waliyulloh. Ia disayang oleh Alloh. Siapa memusuhinya. Alloh pasti memerangi. Waliyulloh adalah orang yang dalam totalitas hidup menjadikan Alloh sebagai walinya.”
ู‚ุงู„ ุงู„ุดูŠุฎ ู„ูุงู ุฎู†:
"ู…َู†ْ ูŠَุฑْุญَู…ُ ูˆَู„ِูŠَّ ุงู„ู„ู‡ِ ูَูŠَุฑْุญَู…ُู‡ُ ุงู„ู„ู‡ُ. ูˆَู…َู†ْ ูŠَุนْุฏُูˆْู‡ُ ูَูŠُุฑَุงุญِุจُู‡ُ ุงู„ู„ู‡ُ. ูˆَู‡ُูˆَ ู…َู†ْ ูŠُุตِูŠْุฑُ ุงู„ู„ู‡َ ูˆَุงู„ِูŠَู‡ُ ูِูŠ ุฌَู…ِูŠْุนِ ุญَูŠَุงุชِู‡ِ."
Iman & Yaqin
Asy-Syaikh Laffaf Khon berkata:
Siapa iman. Ia akan yakin. Siapa yakin. Ia belum tentu iman.”
ู‚ุงู„ ุงู„ุดูŠุฎ ู„ูุงู ุฎู†:
"ู…َู†ْ ูŠُุคْู…ِู†ُ ูَูŠَูŠْู‚ِู†ُ. ูˆَู…َู†ْ ูŠَูŠْู‚ِู†ُ ูَู„َู…ْ ูŠُุคْู…ِู†ْ."
Bahagia Mulia Dunia Akhirot
Asy-Syaikh Laffaf Khon berkata:
Jaman terus berjalan menuju titik nadir yang paling menyengsarakan. Siapa yang terus-menerus mendekatkan diri kepada Alloh. Seraya terus memosisikan dirinya sebagai hamba Alloh. Dialah orang yang hendak mendapatkan hidup bahagia mulia di dunia dan di akhirot.”
ู‚ุงู„ ุงู„ุดูŠุฎ ู„ูุงู ุฎู†:
"ุงู„ุฒَّู…َุงู†ُ ูŠَู…ْุดَู‰ ุฅِู„َู‰ ู†ُู‚ْุทَุฉِ ุงู„ู†َّุงุฏِุฑِ ุฃَุดْู‚َุฃُ. ูˆَู…َู†ْ ูŠُู‚َุฑِّุจُ ุฅِู„َู‰ ุงู„ู„ู‡ِ ุจِุงู„ْุฅِุณْุชِู‚َุงู…َุฉِ ู…َุนَ ุฃَู†ْ ูŠُูˆْู‚ِุนَ ู†َูْุณَู‡ُ ุจِุนَุจْุฏِ ุงู„ู„ู‡ِ ู‡ُูˆَ ู…َู†ْ ูŠَู†َุงู„ُ ุญَูŠَุงุฉً ุณَุนِูŠْุฏَุฉً ูƒَุฑِูŠْู…َุฉً ูِูŠ ุงู„ุฏُّู†ْูŠَุง ูˆَุงู„ْุฃَุฎِุฑَุฉِ."
Ujian Terberat
Asy-Syaikh Laffaf Khon berkata:
Ujian manusia terberat yakni tatkala ada kekasih Alloh di kehidupannya. Namun, ia tidak mengikuti arahannya untuk kembali kepada Alloh. Ia mengalami kerugian sewaktu kekasih Alloh ditarik dari kehidupannya. Maka, buka hati melalui nur Muhammad bin Abdulloh Rosululloh saw. dan nur makrifatalloh.”
ู‚ุงู„ ุงู„ุดูŠุฎ ู„ูุงู ุฎู†:
"ุจَู„َุงุกُ ุงู„ู†َّุงุณِ ุงู„ْุฃَุซْู‚َู„ِ ู‡ُูˆَ ุฅِุฐَุง ูƒَุงู†َ ูˆَู„ِูŠَّ ุงู„ู„ู‡ِ ูِูŠ ุญَูŠَุงุชِู‡ِ ูˆَู„َูƒِู†َّู‡ُ ู„َู…ْ ูŠَุชَّุจِุนْ ุชَูˆْุฌِูŠْู‡َู‡ُ ู„ِูŠَุฑْุฌِุนَ ุฅِู„َู‰ ุงู„ู„ู‡ِ. ูَุฎَุณَุฑَ ุฅِุฐَุง ุฌُุฑَّ ู…ِู†ْ ุญَูŠَุงุชِู‡ِ. ูَุงูْุชَุญْ ู‚َู„ْุจَูƒَ ุจِู†ُูˆْุฑِ ู…ُุญَู…َّุฏِ ุงุจْู†ِ ุนَุจْุฏِ ุงู„ู„ู‡ِ ุฑَุณُูˆْู„ِ ุงู„ู„ู‡ِ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูˆَุจِู†ُูˆْุฑِ ู…َุนْุฑِูَุฉِ ุงู„ู„ู‡ِ."
Ilmu Hikmah
Asy-Syaikh Laffaf Khon berkata:
Apabila Nabi Musa as. tidak banyak bertanya kepada Nabi Khidlir as. niscaya setiap orang yang iqror syahadatain. Lalu, imannya diserahkan kepada Alloh. Maka, ia tidak perlu susah lagi sulit untuk mendapatkan hikmatul islam, hikmatul iman, wa hikmatul ihsan (al-'ilmul hikmah). Sebab, terputus Musa dari Khidlir dalam proses tholabul 'ilmi, setiap muslim harus bersusah-payah untuk mendapatkan ilmu hikmah itu dari mana saja ia temukan.”
ู‚ุงู„ ุงู„ุดูŠุฎ ู„ูุงู ุฎู†:
"ุฅِู†ْ ู„َู…ْ ูŠُูƒْุซِุฑْ ู…ُูˆْุณَู‰ ุนَู„َูŠْู‡ِ ุงู„ุณَّู„َุงู…ُ ุฅِุณْุฃَู„ًุง ุฅِู„َู‰ ู†َุจِูŠ ุฏَุงูˆُูˆْุฏَ ุนَู„َูŠْู‡ِ ุงู„ุณَّู„َุงู…ُ ูَู„َู…ْ ูŠَุญْุชَุฌْ ู„ِู…َู†ْ ูŠُุจَุงูŠِุนُ ุดَู‡َุงุฏَุชَูŠْู†ِ ุซُู…َّ ูŠَุชَูˆَูƒَّู„ُ ุฅِูŠْู…َุงู†َู‡ُ ุฅِู„َู‰ ุงู„ู„ู‡ِ ุฃَู†ْ ูŠُุชْุนِุจَ ู„ِูŠَู†َุงู„َ ุญِูƒْู…َุฉَ ุงู„ْุฅุณْู„َุงู…ِ ูˆَุญِูƒْู…َุฉَ ุงู„ْุฅูŠْู…َุงู†ِ ูˆَุญِูƒْู…َุฉَ ุงู„ْุฅِุญْุณَุงู†ِ (ุงู„ْุนِู„ْู…ُ ุงู„ْุญِูƒْู…َุฉُ). ู„ِุฃَู†َّ ู‚َุงุทِุนَ ู…ُูˆْุณَู‰ ุนَู†ِ ุงู„ْุฎِุฐِูŠْุฑَ ูِูŠ ุทَุฑِูŠْู‚َุฉِ ุทَู„َุงุจِ ุงู„ْุนِู„ْู…ِ ูَูŠَุฌِุจُ ู„ِูƒُู„ِّ ู…ُุคْู…ِู†ٍ ุฃَู†ْ ูŠَุตْุนَุจَ ู„ِูŠَู†َุงู„َ ุนِู„ْู…َ ุงู„ْุญِูƒْู…َุฉِ ู…ِู†ْ ุฃَูŠِّ ู…َูƒَุงู†ٍ ูŠَู„ْู‚َุงู‡ُ."
Sakit, Anugerah Alloh
Asy-Syaikh Laffaf Khon berkata:
Sakit itu anugerah dari Alloh. Melalui sakit mendidik manusia supaya pandai bersyukur sewaktu sehat. Melalui sakit diajarkan meyakini betapa lemah manusia itu. Melalui sakit Alloh hendak mengembalikan kedudukan manusia sebagai makhluk yang hamba Alloh. Belajarlah kepada Nabi Ayyub as.
ู‚ุงู„ ุงู„ุดูŠุฎ ู„ูุงู ุฎู†:
"ุงู„ْู…َุฑَุถُ ูَุถْู„ٌ ู…ِู†َ ุงู„ู„ู‡ِ. ูˆَุจِู‡ِ ูŠُุฑَุจُّ ุงู„ู†َّุงุณُ ู„ِูŠَุตِูŠْุฑَ ุดَูƒُูˆْุฑًุง ูِูŠ ุตِุญَّุชِู‡ِ. ูˆَุจِู‡ِ ูŠُุนَู„َّู…ُ ุฃَู†ْ ูŠَูŠْู‚ِู†َ ุถَุนِูŠْูَู‡ُ. ูˆَุจِู‡ِ ูŠَุฑْุฌِุนُ ุงู„ู„ู‡ُ ู…َู†ْุตِุจَู‡ُ ุจِุฎَู„ْู‚ٍ ุนَุจْุฏِ ุงู„ู„ู‡ِ. ูˆَุงุฏْุฑُุณْ ุฅِู„َู‰ ู†َุจِูŠ ุฃَูŠُّูˆْุจَ ุนَู„َูŠْู‡ِ ุงู„ุณَّู„َุงู…ُ."
Hidup itu Proses
Asy-Syaikh Laffaf Khon berkata:
Hidup itu proses menuju titik balik kehidupan itu sendiri. Karenanya, pemalas pasti ditinggal oleh sang waktu. Siapa yang mau mengendarai sabar niscaya selaras dengan sang waktu. Mukmin diperintah ista'inu bish-shobri wash-sholah. Karena tidak ada kemenangan yang hakiki selain dari solat yang disertai kesabaran. Berarti mukmin diperintahkan Alloh supaya hidup dalam kemenangan.”
ู‚ุงู„ ุงู„ุดูŠุฎ ู„ูุงู ุฎู†:
"ุงู„ْุญَูŠَุงุฉُ ุทَุฑِูŠْู‚َุฉٌ ู„ِูŠَุตِู„َ ู…َุฑْุฌِุนَ ุชِู„ْูƒَ ุงู„ْุญَูŠَุงุฉِ. ูˆَู„ِุฐَุงู„ِูƒَ ุงู„ْูƒَุงุณِู„ُ ูŠُุชْุฑَูƒُ ู„ِู„ْูˆَู‚ْุชِ. ู…َู†ْ ูŠُุฑِูŠْุฏُ ุฃَู†ْ ูŠَุฑْูƒَุจَ ุงู„ุตَّุจْุฑَ ูَูŠَู†ْุณَุฌِู…ُ ุจِุงู„ْูˆَู‚ْุชِ. ุงู„ْู…ُุคْู…ِู†ُ ูŠُุคْู…َุฑُ ุจِ - ุฅِุณْุชَุนِูŠْู†ُูˆْุง ุจِุงู„ุตَّุจْุฑِ ูˆَุงู„ุตَّู„َุงุฉِ. ู„ِุฃَู†َّู‡ُ ู„َุง ุบَุงู„ِุจَ ุงู„ْุญَู‚ِูŠْู‚َ ุฅِู„َّุง ุจِุงู„ุตَّู„َุงุฉِ ู…َุนَ ุงู„ุตَّุจْุฑِ. ูˆَู…َุนْู†َุงู‡ُ ุงู„ْู…ُุคْู…ِู†ُ ูŠُุคْู…َุฑُ ู„ِู„َّู‡ِ ุจِุฃَู†ْ ูŠَุนِูŠْุดَ ูِูŠ ุงู„ْุบَุงู„ِุจِ."
Kubangan Egoisme
Asy-Syaikh Laffaf Khon berkata:
Manusia yang tidak mau memahami kalimat la haula wa la quwwata illa billahi 'aliyyil 'adhim. Pasti ia terjerembab pada kubangan egoisme [ananiah].”
ู‚ุงู„ ุงู„ุดูŠุฎ ู„ูุงู ุฎู†:
"ุงู„ู†َّุงุณُ ุงู„َّุฐِูŠ ู„َู…ْ ูŠُุฑِุฏْ ุฃَู†ْ ูŠَูْู‡َู…َ ูƒَุงู„ِู…َุฉَ ู„َุง ุญَูˆْู„َ ูˆَู„َุง ู‚ُูˆَّุฉَ ุฅِู„َّุง ุจِุงู„ู„ู‡ِ ุงู„ْุนَู„ِูŠِّ ุงู„ْุนَุธِูŠْู…ِ ูَู‚َุฏْ ูˆَู‚َุนَ ุนَู„َู‰ ุบَุฏِูŠْุฑِ ุงู„ْุฃَู†َุงู†ِูŠَّุฉِ."
Manusia Bodoh
Asy-Syaikh Laffaf Khon berkata:
Manusia bodoh adalah manusia yang selalu menepuk dada bahwa dirinya "merasa bisa". Bolehkah manusia "merasa bisa"? Imani lagi yakini, "wa ila-llohi turja'ul-umรปr.”
ู‚ุงู„ ุงู„ุดูŠุฎ ู„ูุงู ุฎู†:
"ุงู„ู†َّุงุณُ ุงู„ْุฌَุงู‡ِู„ُ ู‡ُูˆَ ุงู„ู†َّุงุณُ ูŠَุถْุฑِุจُ ุตَุฏْุฑَู‡ُ ุฃَู†َّู‡ُ ูŠَุดْุนُุฑُ ู…ُุณْุชَุทِูŠْุนًุง. ุฃَูŠُุจِูŠْุญُ ู„َู‡ُ ุฃَู†ْ ูŠَุดْุนُุฑَ ู…ُุณْุชَุทِูŠْุนًุง؟ ุฃู…ِู†ْ ูˆَ ุฅِูŠْู‚ِู†ْ - ูˆَุฅِู„َู‰ ุงู„ู„ู‡ِ ุชُุฑْุฌَุนُ ุงู„ْุฃُู…ُูˆْุฑِ."
Sabar, Praktik Hidup Harmoni
Asy-Syaikh Laffaf Khon berkata:
Melalui sabar manusia dapat melakukan praktik hidup harmoni. Di antara praktik hidup harmoni adalah andap-asor lan welas-asih. Manusia disebut serakah apabila menganggap segala sesuatu dapat dijadikan modal atau dinilai dengan materi, meski itu dirinya sendiri.”
ู‚ุงู„ ุงู„ุดูŠุฎ ู„ูุงู ุฎู†:
"ุจِุงู„ุตَّุจْุฑِ ุงู„ู†َّุงุณُ ูŠَุณْุชَุทِูŠْุนُ ุฃَู†ْ ูŠَุนْู…َู„َ ุนَู…َู„َ ุฅِู†ْุณِุฌَุงู…ِ ุงู„ْุญَูŠَุงุฉِ. ุจَูŠْู†َู‡ُ ุงู„ุชَّูˆَุถُّุนُ ูˆَุงู„ุฑَّุญْู…َุฉُ. ูˆَุงู„ู†َّุงุณُ ูŠُุณَู…ُّ ุงู„ุทَّู…َุงุนَ ุฅِู†ْ ูŠَุธُู†َّ ูƒُู„َّ ุดَูŠْุกٍ ุฃَู…ْูƒَู†َ ุฃَู†ْ ูŠُุตَุงุฑَ ุฑَุฃْุณَ ุงู„ْู…َุงู„ِ ุฃَูˆْ ูŠُุซَู…ِّู†َ ุจِุงู„ْู…َุงุฏَّุฉِ, ูˆَู„َูˆْ ูƒَุงู†َ ู†َูْุณَู‡ُ."
Menutup Rapat Kebaikan dan Keburukan
Asy-Syaikh Laffaf Khon berkata:
Berbahagia orang yang dapat menutup rapat antara kebaikan dan keburukan yang terdapat di dalam dirinya. Niscaya akan gelisah orang yang menutup rapat keburukannya namun berusaha menunjukkan kebaikan pada orang lain.”
ู‚ุงู„ ุงู„ุดูŠุฎ ู„ูุงู ุฎู†:
"ุณَุนَุฏَ ู…َู†ْ ูŠَุณْุชَุทِูŠْุนُ ุฃَู†ْ ูŠَุณْุชُุฑَ ุณَุชْุฑًุง ุจَูŠْู†َ ุงู„ْุฎَูŠْุฑِ ูˆَุงู„ุณُّูˆْุกِ ุงู„َّุฐَูŠْู†ِ ูƒَุงู†َุง ูِูŠ ู†َูْุณِู‡ِ. ูˆَู‚َุฏْ ุญَุฒَู†َ ู…َู†ْ ูŠَุณْุชُุฑُ ุณَุชْุฑًุง ุณَูŠِّุฆَุชَู‡ُ ูˆَู„َูƒِู†َّู‡ُ ูŠُุธَู‡ِّุฑُ ุฎَูŠْุฑَู‡ُ ู„ِู„ْุฃَุฎَุฑِ."
Nalar Pikir Subyektif
Asy-Syaikh Laffaf Khon berkata:
Ketika manusia hanya menggunakan nalar dalam berpikir, ia subyektif. Pertemuan nalar pikir subyektif cenderung berebut benar, maka yang diperoleh adalah konflik. Itulah pentingnya wahyu yang merawat nalar pikir manusia supaya selaras dengan sunnatulloh. Islam mengajarkan berebut salah supaya mendapatkan kebenaran. Karena yakin kebenaran adalah milik Alloh. Melalui "laku beragama" muslim memraktikkan pesan Alloh dan rosulNYA. Tidak seharusnya jika para penganjur agama mengarahkan pengikutnya untuk saling menyalahkan yang lain. Sebaliknya, justru mengajak untuk saling melengkapi kebenaran itu dalam rangka menetapi takdir sebagai hamba Alloh.”
ู‚ุงู„ ุงู„ุดูŠุฎ ู„ูุงู ุฎู†:
"ุฅِุฐَุง ุงุณْุชَุนْู…َู„َ ุงู„ْุฅِุนْุชِุจَุงุฑَ ูِูŠ ุงู„ْูِูƒْุฑِ ูَู‚َุทْ ูَู‡ُูˆَ ุดَุฎْุตِูŠٌّ. ูˆَู„ِู‚َุงุกُ ุงู„ْุฅِุนْุชِุจَุงุฑِ ุงู„ุดَّุฎْุตِูŠُّ ูŠَู…ِูŠْู„ُ ุฅِู„َู‰ ู…ُุฎَุงุทَูَุฉِ ุงู„ุตَّุญِูŠْุญِ, ูَูŠُู†َุงู„ُ ู…ِู†ْู‡َุง ุตِุฏَุงู…ٌ. ูƒَุฐَุงู„ِูƒَ ู…ُู‡ِู…ُّ ุงู„ْูˆَุญْูŠِ ุงู„َّุฐِูŠ ูŠُุฑْุดِุฏُ ุฅِุนْุชِุจَุงุฑَ ุงู„ู†َّุงุณِ ู„ِูŠَูƒُูˆْู†ُ ู…ُูˆَูِّู‚ًุง ุจِุณُู†َّุฉِ ุงู„ู„ู‡ِ. ุงู„ْุฅุณْู„َุงู…ُ ูŠُุนَู„ِّู…ُ ู…ُุฎَุงุทَูَุฉَ ุงู„ْุฎَุทَุงุกِ ู„ِูŠَู†َุงู„َ ุงู„ุตَّุญِูŠْุญَ. ู„ِุฃَู†َّู‡ُ ูŠُุคْู…ِู†ُ ุฃَู†َّ ุงู„ุตَّุญِูŠْุญَ ูŠَู…ْู„ِูƒُู‡ُ ุงู„ู„ู‡ُ. ุจِุนَู…َู„ِ ุงู„ุฏِّูŠْู†ِูŠَّุฉِ ุงู„ْู…ُุณْู„ِู…ُ ูŠَูْุนَู„ُ ุฑِุณَุงู„َุฉَ ุงู„ู„ู‡ِ ูˆَุฑَุณُูˆْู„ِู‡ِ. ูˆَู„َุง ูŠَู†ْุจَุบِูŠ ุฅِู†ْ ูŠُูˆَุฌِّู‡َ ุฏَุงุนِูŠَุฉُ ุงู„ุฏِّูŠْู†ِ ู…ُุชَّุจِุนَู‡ُ ู„ِูŠَุชَุฎَุงุทَุฃَ ุงู„ْุฃَุฎَุฑَ. ุจَู„ْ ูŠَุฏْุนُูˆْ ู„ِูŠَุชَูƒَุงู…َู„َ ุงู„ุตَّุญِูŠْุญَ ูِูŠ ู…َู†ْุฒِู„ِู‡ِ ุจِุนَุจْุฏِ ุงู„ู„ู‡ِ."
Hilangnya Iman
Asy-Syaikh Laffaf Khon berkata:
“Hilang iman di dalam hati manusia. Tidak ada beda ia dengan setan dan iblis. Manusia dikatakan manusia apabila di dalam hatinya tertambat iman yang diyakini hanya kepada Alloh. Pilihlah jalan yang menjadikan diri kita diridloi oleh Alloh. Yakni, shirothol mustaqim. Jalan yang jelas mengantarkan setiap mukmin kepada Robbul 'alamin.”
ู‚ุงู„ ุงู„ุดูŠุฎ ู„ูุงู ุฎู†:
"ูَู‚َุฏَ ุงู„ْุฅِูŠْู…َุงู†ُ ูِูŠ ู‚َู„ْุจِ ุงู„ู†َّุงุณِ. ู„َุง ูŠَุฎْุชَู„ِูُ ุจِุงู„ุดَّูŠْุทَุงู†ِ ูˆَุงู„ْุฅِุจْู„ِูŠْุณِ. ูˆَุงู„ู†َّุงุณُ ูŠُุณَู…ُّ ุงู„ู†َّุงุณَ ุฅِุฐَุง ูƒَุงู†َ ูِูŠ ู‚َู„ْุจِู‡ِ ุงู„ْุฅِูŠْู…َุงู†ُ ูŠُุคْู…َู†ُ ุจِุงู„ู„ู‡ِ. ุฎَูŠِّุฑِ ุงู„ุณَّุจِูŠْู„َ ุงู„َّุฐِูŠ ูŠُุฌَุนِّู„ُู†َุง ู†ُุฑْุถَู‰ ู„ِู„َّู‡ِ. ู‡ُูˆَ ุงู„ุตِّุฑَุงุทُ ุงู„ْู…ُุณْุชَู‚ِูŠْู…ُ. ุณَุจِูŠْู„ٌ ุธَู‡ِูŠْุฑٌ ูˆَูŠُูˆْุตِู„ُ ูƒُู„َّ ู…ُุคْู…ِู†ٍ ุฅِู„َู‰ ุฑَุจِّ ุงู„ْุนَุงู„َู…ِูŠْู†َ."

0 komentar:

Posting Komentar